Seberapa pentingkah personal branding bagi kamu di era transformasi digital seperti sekarang ini?
Personal branding adalah ibarat
CV yang harus kamu lakukan untuk menentukan siapa kamu dan apa yang membedakan kamu dengan orang lain. Di era transformasi digital seperti sekarang, personal
branding tentu sangatlah penting. Tanpa personal branding kita gak akan tahu dengan jelas tujuan hidup dan goal apa sih yang akan kita capai.
Aline Adita, Actress, i4 Trainer, Digital Endorser, MC dan juga
Entrepreneur menjelaskan, personal branding adalah cara kita memasarkan
diri kepada orang lain atau komunitas
yang menjadi target kita.
“Tidak semua orang memiliki
personal branding yang bagus. Jujur, dulu saya tidak bisa berdiri di depan umum
dengan percaya diri seperti ini. Saya pemalu dan pendiam, namun dengan banyak
belajar dan motivasi dari para senior, saya berhasil menciptakan personal
branding untuk diri sendiri” Ucap Aline saat ditemui dalam acara Workshop
Digital Personal Branding yang diselenggarakan oleh IM3 Ooredoo di Universitas
Indonesia, Depok, Selasa(12/9).
Aline menambahkan, personal
branding layaknya “aura” dari dalam diri seseorang. Dengan begitu, orang akan
melihat aura itu dan mempersepsikan tentang diri kamu. So, kalau kamu ingin
orang lain melihat citra positif dalam diri kamu, ya, bangunlah citra positif itu!
Pertanyaannya, sudahkah kamu
memiliki atau mengenali personal branding yang bagus? Cara termudah untuk mengetahui jawabannya adalah dengan bertanya pada diri
sendiri “ingin seperti apa sih kamu ingin dikenal” atau “Bagaimana orang lain ingin
mengenal kamu”.
Personal branding di era digital
ini sangatlah mudah, kamu bisa memanfaatkan Media Sosial yang kamu punya,
misalnya Twitter, Facebook, LinkedIn, Instagram, atau apa pun akun media sosial
yang kamu miliki yang akan merefleksikan diri kamu dan menjadi bagian dari
promosi diri yang efektif.
Deskripsi pribadi pada akun media sosial kamu juga dilihat orang sebagai citra diri kamu. Resume yang bagus di media sosial (seperti LinkedIn) juga dapat menambah nilai plus brand yang kamu punya.
Deskripsi pribadi pada akun media sosial kamu juga dilihat orang sebagai citra diri kamu. Resume yang bagus di media sosial (seperti LinkedIn) juga dapat menambah nilai plus brand yang kamu punya.
Manfaatkan media sosial kamu untuk mem-branding diri kamu. Rajinlah mem-posting foto atau
mengubah status pribadi kamu yang memperkuat brand kamu. Misalnya dengan
inspiring quotes, upload foto kegiatan positif yang sudah kamu lakukan.
Bukan hal sulit untuk dilakukan kok, meski pun terlihat seperti pencitraan namun apa salahnya kita mem-filter apa yang harusnya kita posting di media sosial. Itulah kenapa pencitraan sangat penting untuk personal branding, asal tidak jomplang dari kehidupan asli kamu sendiri tentunya.
Bukan hal sulit untuk dilakukan kok, meski pun terlihat seperti pencitraan namun apa salahnya kita mem-filter apa yang harusnya kita posting di media sosial. Itulah kenapa pencitraan sangat penting untuk personal branding, asal tidak jomplang dari kehidupan asli kamu sendiri tentunya.
Ciptakan personal branding kamu
di Media Sosial dengan konsisten, cari gaya hidup seperti apa yang cocok dengan kamu, misalnya kamu suka traveling buatlah konten menarik tentang hal tersebut,
atau juga hobi memasak? Semua bisa kamu ciptakan. Buatlah konten dengan foto
atau gambar yang bagus dan caption yang menarik. Tak lupa harus rajin juga
update kegiatan positif kamu di sosial
media.
all sosmed: @imapurrr
email: irmapurn91@gmail.com / imma.purnama@yahoo.com
all sosmed: @imapurrr
email: irmapurn91@gmail.com / imma.purnama@yahoo.com
Komentar
Posting Komentar